Pakaian Casual Kaos Dulu Hingga Sekarang

Pakaian casual kaos kini kerap dijadikan sebagai baju luar baik pria atau wanita. Namun, tahukah Anda jika sejatinya merupakan baju dalam bagi pria? Dulunya sebuah kaos memang hanya berfungsi sebagai sebuah pakaian dalam saja. Namun, seiring perkembangan zaman mengalami perkembangan seperti jenis berwarna, gombrong, hingga tie.

Perkembangan tersebut didukung dengan pengembangan teknologi pencetaknya. Seiring berjalannya waktu mulai ditemukan berbagai metode panjang, cara pemotongan kain, bahan yang digunakan, hingga sistem pencetakan untuk hasilkan baju idaman. Hal tersebut membuat keberadaannya semakin disukai setiap orang.

Meskipun lebih terkenal sebagai baju dalam pria, nyatanya juga bisa menjadi dalaman wanita. Sehingga ironis jika melihat banyak wanita saat ini justru keliru dalam menggunakannya. Banyak yang menggunakan bra olahraga. Faktanya, metode ini telah digunakan sejak lama.

Masa Awal Perkembangan Kaos yang Perlu Diketahui

Pakaian casual kaos tidak hadir tiba-tiba seperti saat ini. Diperlukan pengembangan cukup lama hingga mampu hadirkan model yang cantik. Awalnya berasal dari Kota New York dengan model seadanya. Warnanya hanya tersedia putih dengan pola pakaian satu bagian yang dicirikan dengan kancing bagian depan.

Kaos pertama kali muncul saat perang Amerika dan Spanyol di tahun 1898-1913. Pada saat itu, angkatan laut menggunakannya sebagai baju dalam dengan karakter leher bulat dengan lengan pendek. Penggunaannya semakin marak saat mulai memasuki cuaca tropis yang digunakan mariner untuk menyelam ke bawah laut.

Sejak saat itu, pakaian casual kaos mulai digunakan sebagai baju bawahan yang digunakan untuk semua kalangan. Sebut saja pertanian, pekerja industri, hingga masyarakat biasa. Penggunaannya begitu menguntungkan karena mudah dibersihkan serta terjangkau. Sehingga nyaman digunakan oleh anak-anak.

Sejak awal kemunculannya tersebut membuat banyak perusahaan garmen tertarik dalam memproduksinya. Kegiatan ini dimulai pada tahun 1902 di mana banyak perusahaan garmen yang mulai memperkenalkan produk mereka. Tidak hanya celana panjang, namun pakaian ini juga mendapatkan pengembangan dari segi model.

Bahkan beberapa perusahaan justru membuat sesuai dengan versi mereka. Namun dengan model yang begitu sederhana yakni dua potong pakaian dalam lelaki. Bentuknya nampak layaknya setelan. Sehingga tahun 1902 ini kemudian dianggap sebagai tahun kebangkitan pakaian casual kaos.

Pakaian ini awal mulanya disebut sebagai T-Shirt yang berasal dari bahasa Inggris Amerika sejak tahun 1920. Kata ini kemudian muncul dalam berbagai istilah seperti kamus Merria Webster. Sejak saat itu penggunaannya mulai dipopulerkan tidak hanya sebagai visual saja namun menjadi pakaian casual.

Seiring perkembangan zaman, pada tahun 1938 akhirnya Sears mulai memperkenalkan terhadap dunia luar. Hal ini didasarkan pada peningkatan popularitas Nylon. Merek mereka untuk pertama kali adalah gob shirt. Harga jualnya tergolong rendah yakni hanya 24 sen.

1950-Perkembangan Pesat Menjadi Keren dan Dicari Banyak Orang

Pada tahun 1948, tidak lagi hanya berfungsi sebagai pakaian dalam lelaki saja. Sebab, mulai diperkenalkan dalam urusan pemilihan presiden. Hal ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur Thomas E.Dewey yang memanfaatkannya dalam masa kampanye presiden saat itu.

Di sisi lain lawan politiknya The Smithsonian Institue justru menampilkan kemeja saat kampanye di tahun yang sama. Sehingga penggunaan kaos oleh Gubernur Thomas E. Dewey menjadi tanda keluarnya generasi pertama. Sampai saat ini kaos tersebut masih memgang rekor dengan slogan dicetak dan umur kaos tertua.

1960 – Tahun Kemunculan Tie Dye

Menuju tahun 1960 telah mengalami perubahan besar. Hal ini selaras dengan kemunculan plastisol untuk pertama kali. Di mana kemudian dikenal sebagai generasi psikedelik. Jenisnya terbilang sangat berbeda karena menggunakan tinta sempurna untuk pakaian. Harapannya warna dapat bertahan lama layaknya kain yang dipakai.

Masa ini dikenal sebagai masa kemunculan warna-warna cerah. Terbukti dengan penggunaan dasi warna warni serta pakaian dianggap menjadi ajang berekspresi. Contohnya penggunaan slogan anti perang dari Vietnam yang justru disuarakan dengan lengkap bersama logo dan gambarnya.

Tidak hanya ramai pada perang, karena banyak musisi legenda dunia yang juga menjadikan pakaian casual kaos sebagai pakaian manggungnya. Sebut saja Janis Joplin dan juga Jimi Hendrix. Mereka menggunakannya dengan tinta warna berisi slogan dalam beberapa penampilan.

1970 Hingga 1980 Era Kemunculan Genre Musik Pop

Perkembangan pada tahun 1970 hingga 1980 terbilang begitu popular. Hal ini dikarenakan terjadinya perkembangan pesat metode produksi besar-besaran. Di masa ini juga muncul berbagai metode pencetakan baru layaknya litho transfer. Sehingga menghasilkan beragam pakaian menarik.

Perkembangannya juga begitu meluas. Contohnya mall pasti memiliki tempat custom. Sehingga pengguna dapat mencetak langsung di tempat. Hal tersebut juga didukung dengan promosi menggunakan band rock dalam branding. Inovasinya berupa pakaian bebas kerut. Bahannya terbuat dari campuran polyester serta kapas.

Kemunculan Internet dan Masa Penyesuaian

Sampai dengan kemunculan sebuah internet, kaos juga masih dianggap sebagai suatu bagian dari sebuah fashion yang tidak bisa dilepaskan. Pakaian ini juga sudah mulai digunakan dalam berbagai warna, dalam berbagai gaya, serta variasi yang terdapat pada bahan pembuatannya. Di trend ini, orang sudah semakin menciptakan untuk berbagai jenis keperluan khusus layaknya orang dewasa, perusahaan, alat branding, atlet, hingga untuk ajang ekspresi diri.

Tahun ini juga sudah dianggap sebagai perkembangan zaman yang sudah modern. Cirinya yang paling menonjol adalah kaos juga dapat dicetak sesuai dengan permintaan seorang pelanggan. Sehingga pelanggan bisa memilih jenis kain pembuatan kaos. Dampaknya adalah pakaian casual kaos mulai disukai setiap kalangan karena fleksibilitasnya.

Pelanggan dapat mencetak sesuai kebutuhan mulai dari custom gambar, warna, hingga pemilihan slogan. Pemilihan yang mudah dilakukan ini dikarenakan kemajuan dan perkembangan internet. Sehingga pelanggan dapat memilih jenis tambahan sesuai dengan apa yang dilihat di dunia maya.

Perkembangan T-Shirts yang Paling Popular

Pakaian casual kaos diproduksi dengan kualitas tinggi. Motifnya juga dibuat dengan variasi mulai dari pembentukkan karakter Disney, logo perusahaan tertentu, hingga seni album dari musisi ternama seperti The Beatles. Tidak lupa juga bisa didesain dengan logo bola khususnya untuk tim kesayangan Anda.

Meskipun sejarahnya merupakan pakaian dalam namun kini masyarakat dapat menerima dengan baik keberadaan kaos. Terbukti dengan masyarakat yang terus menikmati untuk penggunaan luar. Sehingga tidak ada lagi istilah malu meskipun sejarahnya digunakan sebagai pakaian luar.

Saat ini penggunaan pakaian casual kaos juga begitu bervariasi. Tidak hanya sebagai pakaian luar saja karena masyarakat mulai bisa memvariasikan penggunaannya. Salah satunya adalah penggunaan kaos berlapis menggunakan outer. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan penampilan yang benar-benar nyaman bagi pengguna.

Penggunaan kaos hingga saat ini begitu berkembang. Di mana orang juga bisa untuk mengombinasikan sebuah kaos untuk segala acara baik itu dalam acara formal atau acara non formal. Perkembangan tersebut juga bisa dipastikan mengalami perkembangan di tahun-tahun selanjutnya. Mengingat perkembangan internet yang semakin pesat.

Penggunaan kaos tentunya juga selalu ditransfer dari satu generasi menuju ke generasi yang berikutnya. Sehingga tidak terdapat istilah putus dalam penggunaan kaos. Fungsinya juga hampir serupa dengan penggunaan kaos terdahulu seperti pada tahun 1960 di mana pakaian casual kaos masih digunakan sebagai ajang penyaluran ekspresi diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *