Begini Cara Menghilangkan Bekas Lem di Baju Kesayangan

Berkreasi membuat kerajinan atau memasak memang menyenangkan. Apalagi bagi kamu yang hobi sekali dengan kreatifitas seperti ini. Tapi sayangnya, penggunaan berbagai bahan cair akan menimbulkan noda di baju hingga sulit sekali untuk dibersihkan.

Seperti noda cat air, noda lem, noda bahan makanan seperti susu, saos, kecap, dan lain sebagainya. Jika tidak segera dibersihkan akan menjadi noda permanen di baju. Membuat baju terlihat kurang indah. Lusuh. Dan tak enak dipandang.

Lalu bagaimana solusinya? Bukankah noda itu yang justru akan membuat cerdas? Terutama bagi anak-anak yang sedang berada pada masa aktif-aktifnya. Suka bermain dan berkreasi dengan banyak bahan yang bisa menimbulkan noda pada baju.

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Lem di Baju

Nah, bagi kamu atau anak-anak yang suka bermain dengan lem, berikut beberapa cara mudah menghilangkan noda lem pada baju.

  1. Menggunakan Cuka Putih

Selain digunakan sebagai campuran bumbu makanan, ternyata cuka putih juga bisa dialihfungsikan untuk bahan lain, yaitu menghilangkan bekas lem pada baju.

Caranya mudah. Campurkan cuka putih dengan air hangat. Lalu gunakan campuran ini untuk merendam area baju bekas lem.

Rendam selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu kucek atau sikat baju seperti biasa. Jangan terlalu kuat. Terutama untuk bahan yang mudah rapuh.

Selain mudah didapat, cuka putih juga murah. Tidak merusak kain baju. Terutama baju untuk anak-anak.

  1. Menggunakan Air Lemon

Punya persediaan buah lemon di kulkas? Kamu juga bisa menggunakannya sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas lem yang menempel di baju.

Tidak perlu dengan cara yang rumit. Potong lemon menjadi beberapa bagian. Lalu peras airnya pada kain bekas lem. Gunakan buah lemon yang telah diperas untuk menggosok kain.

Lanjutkan dengan menggosoknya menggunakan sikat gigi dan sedikit campuran detergen. Gosok hingga lem hilang. Tak perlu dengan gosokan yang terlalu kuat, lem yang menempel bisa langsung terangkat.

Jika tidak ada lemon, kami bisa gunakan jeruk nipis atau jeruk limau. Sebaiknya pilih jeruk lemon, nipis, atau limau yang telah matang. Karena lebih mudah untuk memeras airnya.

  1. Menggunakan Aseton

Jika baju berwarna putih, kamu bisa coba gunakan aseton. Basahi area baju yang terkenal lem dengan air. Lalu tuang aseton secukupnya. Gosok dengan menggunakan gosok gigi yang tidak terpakai.

Tak perlu menunggu lama. Lem akan segera hilang tanpa harus merusak serat kain. Kamu bisa dapatkan aseton ini di toko kimia atau toko kosmetik.

Sedikit catatan. Jangan menggunakan Aseton untuk menghilangkan lem pada baju yang berwarna. Karena akan memudarkan warnanya.

Jangan pula merendam kain dengan aseton. Ini bisa menyebabkan serat kain rusak dan warna menjadi memudar.

  1. Menggunakan Minyak Tanah

Mencari minyak tanah memang agak sedikit sulit. Tapi jika kamu punya persediaan sedikit minyak tanah, tidak ada salahnya digunakan untuk menghilangkan bekas lem pada baju.

Caranya sangat mudah. Tuangkan sedikit minyak tanah pada area kain yang terkena lem. Diamkan kurang lebih 10 menit. Lalu gosok perlahan dengan tangan atau sikat gigi.

Tidak membutuhkan waktu lama. Lem dan bekasnya akan hilang. Bilas kembali dengan detergen atau pewangi. Jika tidak, baju akan beraroma tidak sedap bekas aroma minyak tanah.

Jangan merendam baju dengan minyak tanah. Karena akan menyebabkan aroma yang tidak sedap pada baju. Meski telah direndam dengan pewangi.

Jangan tuang minyak tanah di area yang berdekatan dengan api. Karena bisa menyebabkan kebakaran.

  1. Direndam dengan Deterjen

Ternyata bekas lem pada baju juga bisa dihilangkan dengan deterjen. Kamu bisa memilih deterjen cair. Karena deterjen cair lebih mudah masuk pada serat kain dibandingkan dengan deterjen bubuk.

Tuangkan deterjen pada baju yang telah direndam dengan sedikit air. Rendam baju dengan air campuran deterjen ini selama semalaman. Cuci baju pada keesokan harinya.

Dengan cara ini bekas lem yang ada pada baju bisa hilang. Baju juga akan beraroma wangi. Agar tidak merusak serat dan warna kain, pilhihlah deterjen yang tidak terlalu keras.

  1. Membiarkan Lem Mengering dengan Sendirinya

Untuk lem yang menempel pada baju berkain halus, lebih baik bersabarlah untuk menunggu lem mengering dengan sendirinya. Karena langsung menggosok lem justru akan merusak kain.

Saat lem telah mengering, kamu bisa memberinya sedikit deterjen dan menguceknya dengan lembut. Cara ini cukup efektif untuk kain dengan serat yang tipis.

Tapi jika kamu terburu-buru, bisa gunakan es batu untuk mengeringkan lem yang menempel. Masukkan sedikit air pada mangkuk. Lalu tambahkan es batu di dalamnya.

Cara ini akan membantu mengeringkan lem lebih cepat. Setelah lem mengering, kamu bisa melepaskannya dari baju. Lalu cuci baju dengan deterjen seperti biasa saja.

  1. Menggunakan Cairan Penghilang Noda

Beberapa produk penghilang noda baju juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas lem. Dengan catatan lem sudah mengering dan terkelupas dari permukaan baju.

Tuangkan sedikit produk penghilang noda pada area kain yang terkena noda lem. Rendam sebentar kurang lebih selama 30 menit. Lalu lanjutkan dengan membersihkannya dengan menggunakan deterjen.

Cara ini cukup ampuh untuk beberapa kain dengan serat yang agak tebal. Seperti bahan jeans dan sejenisnya. Warna dan serat baju juga tidak akan pudar dan rusak.

  1. Menggunakan Cairan Pencuci Piring

Sabun pencuci piring tidak hanya bisa digunakan untuk mencuci peralatan masak dan buah saja. Tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kain bekas noda lem.

Siapkan mangkuk bersih. Isi dengan sedikit air hangat dan sabun pencuci piring. Celupkan baju yang terkena lem beberapa menit. Step ini akan membantu melunakkan lem yang mengeras.

Setelah lem melunak, kamu bisa menguceknya dengan tangan. Cara ini cukup efektif. Karena selain bahan yang mudah didapat, sabun cuci piring juga tidak membuat tangan terasa panas.

Tips agar Lem Tidak Mengenai Baju

Seperti apa kata pepatah. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Lebih baik dan lebih mudah mencegah agar lem tidak mengenai baju. Daripada membersihkan baju yang terlanjur terkena lem.

Kamu bisa menggunakan celemek saat harus beraktifitas menggunakan lem. Celemek ini akan membantu menghindarkan kontak langsung lem dengan baju.

Tapi jika masih merasa sayang juga dengan celemek, kamu bisa manfaatkan koran bekas untuk menutup baju. Kaitkan koran dengan penjepit pada baju. Ini akan jauh lebih efektif. Karena tidak perlu susah payah membersihkan celemek dari noda lem.

Atau mungkin kamu masih merasa repot jika harus menggunakan celemek atau koran bekas. Hal ini bisa diakali dengan menggunakan baju yang telah usang. Sehingga kamu tidak perlu merasa sayang jika baju rusak karena banyak terkena lem.

Demikian cara mudah membersihkan bekas lem di baju dengan bahan yang mudah didapat. Kamu punya ide lain? Cobalah untuk berbagi pada kolom komentar berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.