Bahan untuk Pakaian Kerja Ini Nyaman Banget

Bekerja di kantor, pabrik, atau bahkan di lapangan tentu membutuhkan kenyamanan tersendiri. Terutama dalam hal berpakaian. Tingkat fokus yang tinggi pada pekerjaan membuat keringat diproduksi lebih banyak. Dibandingkan saat tidak bekerja.

Inilah alasan mengapa diperlukan baju yang nyaman untuk bekerja. Baju yang tidak hanya nyaman digunakan untuk bergerak lincah, tapi juga efektif untuk menyerap keringat.

Selain faktor kenyamanan, faktor good looking juga harus diperhatikan. Karena seragam karyawan merupakan representasi dari sebuah perusahaan.

Bahan Kain yang Baik untuk Pakaian Kerja

Setiap kain memiliki karakteristik bahannya sendiri-sendiri. Antara satu jenis bahan dengan bahan lain memiliki kelebihan dan kelemahan. Termasuk bahan kain untuk baju kerja.

Masih bingung menentukan bahan kain untuk seragam kantor? Cobalah pilih salah satu dari beberapa bahan kain berikut ini.

  1. Bahan Denim

Beberapa tahun terakhir bahan denim banyak digunakan sebagai bahan seragam kantor. Mengingat denim memiliki warna dan corak yang tidak terlalu mencolok.

Kebanyakan denim dimanfaatkan sebagai bahan bawahan atau celana. Tapi ada juga baju seragam atasan yang menggunakan bahan ini.

Denim yang digunakan untuk atasan memiliki serat kain yang lebih halus. Sehingga lebih lentur dan nyaman digunakan.

Selain memiliki motif yang cocok sebagai bahan seragam, denim juga memiliki kemampuan menyerap keringat yang cukup baik. Sangat sesuai untuk seragam office maupun karyawan di lapangan.

 

  1. Bahan Ripstop

Jenis kain lain yang sering digunakan untuk seragam adalah bahan ripstop. Terutama untuk seragam karyawan lapangan dan seragam militer.

Bahan ripstop sering dipilih sebagai bahan seragam adventure karena teksturnya yang lebih tebal, seperti bahan kanvas. Bedanya, kalau kanvas memiliki motif serat kain yang polos. Atau tidak nampak motif seratnya jika dilihat secara sekilas. Sedangkan ristop memiliki serat kotak kecil yang terlihat pada permukaan.

Bahan yang cenderung tebal inilah yang mampu melindungi kulit dari goresan. Terutama untuk pekerja lapangan yang rentang terhadap gesekan atau benturan. Kemampuan menyerap keringatnya juga cukup optimal. Meski tidak sebaik bahan katun.

  1. Bahan Kanvas

Bahan Kanvas identik dengan bahan waterproof atau anti air. Sehingga banyak digunakan sebagai bahan pembuatan tas atau payung. Namun ada juga jenis kanvas yang digunakan untuk bahan kemeja.

Kanvas yang digunakan untuk bahan seragam tentu berbeda dengan yang digunakan untuk payung atau tas.

Bahan Kanvas untuk seragam lebih halus dan lembut karena komposisi katunnya lebih banyak. Berbeda dengan kanvas yang digunakan untuk tas. Komposisi polyester pada kanvas untuk tas lebih dominan. Sehingga terlihat tebal dan sedikit lebih kasar.

 

  1. Bahan Oxford

Jika ingin membuat seragam karyawan office, pilihan terbaik jatuh pada bahan oxford. Kenapa? Karena bahan ini memiliki serat kain yang cenderung kecil dan tipis. Sehingga cenderung lebih ringan. Sangat nyaman digunakan sebagai bahan baju kerja.

Sayangnya, bahan oxford ini tidak cocok jika diaplikasikan untuk bordir. Kain akan cenderung berkerut pada area bordir. Jelas ini akan mengurangi keindahan baju tersebut.

Lalu bagaimana jika tetap harus ada bordir untuk logo perusahaan? Ini bisa siasati dengan penggunaan bordir tempel atau pada badge. Dengan bordir tempel seperti ini bahan oxford tetap cantik tanpa menghilangkan logo perusahaan yang harus ditempel pada kain.

 

  1. Bahan Drill

Bahan baju kerja paling nyaman yang terakhir adalah bahan drill. Tak heran jika bahan ini paling banyak digunakan oleh banyak perusahaan.

Kenyamanan kain drill ini dikarenakan bahan serat yang digunakan. Yaitu campuran bahan polyester dan katun. Kemampuan menyerap keringatnya cukup baik. Sehingga sangat nyaman digunakan untuk aktifitas kerja sehari-hari.

Tidak seperti bahan oxford yang akan berkerut saat dibordir. Bahan drill cenderung lebih bersahabat untuk pengaplikasian bordir. Bahan ini tidak akan berkerut atau sobek jika dipermukaannya dibordir.

Berbagai Jenis Bahan Drill

Nah dari sekian bahan di atas, drill memang paling cocok dipilih sebagai bahan kain untuk baju kerja. Drill memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis bahan drill yang yang banyak ditemukan di pasaran.

  1. Kain Drill Amerika

Seperti namanya, kain drill ini diproduksi oleh Amerika. Bahan drill ini cukup nyaman digunakan. Karena memiliki serat yang tidak terlalu halus. Tidak pula terlalu kasar. Kemampuan menyerap air dan keringat cukup baik. Sehingga sangat nyaman digunakan sebagai baju kerja harian.

American Drill juga terdiri dari berbagai jenis. Seperti American Victoria, American Unione, Amerikan Verlando. Nama-nama ini sesuai dengan produsen yang membuatnya.

 

  1. Kato Drill

Kato Drill hampir sama dengan American Drill. Bedanya, Kato Drill dibuat dengan bahan yang lebih kaku dan tebal. Bahan ini paling cocok digunakan untuk seragam adventure. Ataupun pekerja lapangan yang membutuhkan perlindungan lebih dari sinar matahari. Bisa juga digunakan oleh karyawan bagian produksi. Terutama yang berkaitan langsung dengan mesin atau bahan bakar dan oli.

 

  1. Castilo Drill

Jika mencari bahan drill dengan serat yang lembut, cobalah memilih Castilo Drill. Bahan ini memiliki serat yang cukup lembut, halus dan lentur. Bahkan kelenturannya lebih baik dibandingkan dengan American Drill.

Kemampuan menyerap keringat dan air juga cukup baik karena dibuat dengan campuran bahan katun yang lebih banyak. Selebihnya menggunakan bahan polyester.

Hanya saja, Castilo Drill memiliki kekurangan. Drill ini memiliki serat yang lebih tipis. Sehingga lebih mudah sobek. Terutama jika digunakan untuk gerak yang sangat aktif. Seperti militer, adventure, maupun pekerja lapangan.

 

  1. Nagata Drill

Nagata Drill juga disebut dengan Japan drill. Dari namanya saja kamu pasti langsung tahu bahwa kain drill ini hasil produksi negara Jepang.

Dari sekian jenis bahan drill, Japan drill bisa dikatakan sebagai pilihan terbaik. Karena kain ini dibuat dengan benang yang besar. Sehingga menghasilkan tekstur yang sangat kuat.

Japan drill biasanya dipilih sebagai baju kerja untuk pekerja lapangan. Meskipun begitu, banyak juga pekerja kantoran yang memilihnya menjadi baju kerja yang nyaman.

Kenyamanan ini tidak lain dan tidak bukan karena dominasi bahan katun yang digunakan. Sehingga mampu menyerap air dan keringat yang cukup optimal.

 

  1. Taipan Tropical

Meski Nagata Drill mendapat predikat best seller, nyatanya harga bahan drill paling tinggi masih berada di Taipan Tropical. Kenapa? Karena tidak kasar, lembut, dan warna yang tidak mudah luntur.

Pilihan warnanya juga beragam. Mulai dari warna cerah, warna pastel, hingga warna yang cukup mencolok. Sehingga memberi kemudahan para pemilik bisnis untuk menyesuaikan karakteristik bisnisnya dengan seragam karyawan.

Penggunaan bahan katun cukup dominan. Inilah alasan mengapa Taipan Tropical akan terasa sangat lembut jika bersentuhan dengan kulit. Warnanya tidak mudah luntur. Dan cukup awet meski sering dicuci pakai.

Ternyata pilihan bahan untuk baju kantor cukup banyak. Pastikan kamu memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan bujet keuangan. Karena semakin nyaman, awet dan terlihat indah saat kain digunakan, maka semakin tinggi pula harganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.