Selain Lebih Bagus Tampilannya, Sablon Rubber Juga Punya Banyak Kelebihan

Sablon rubber merupakan salah satu jenis sablon yang bisa merekat kuat pada permukaan kain/kaos. Terbuat dari bahan karet, sablon jenis ini punya beberapa kelebihan. Tak heran jika banyak yang memilih jenis sablon ini untuk mencetak kaos.

Mengenal Jenis Sablon Rubber

Sablon rubber seperti namanya menggunakan bahan tinta yang terbuat dari rubber atau karet GL. Secara umum sablon jenis ini dikenal kuat dan tahan lama. Tapi sebenarnya ini juga tergantung dari kualitas tinta rubber yang digunakan. Ketebalan tinta juga beragam tergantung dari mereknya.

Seperti sifat karet pada umumnya, jenis sablon ini juga punya elastisitas yang tinggi. Tingkat elastisitasnya lebih baik daripada jenis tinta sablon lainnya. Meskipun berbahan dasar air, tinta jenis ini juga tidak akan mudah rusak atau pecah.

Sablon tinta rubber umumnya digunakan dalam pencetakan sablon dengan cara manual. Teknik sablon secara manual biasanya menggunakan dua jenis bahan yaitu water based dan solvent based. Tinta rubber sendiri merupakan water based atau berbasis air.

Sablon rubber sebenarnya bisa terbagi atas tiga jenis tinta. Ada sablon putih yang biasa dipakai sebagai dasar pada media gelap. Ada tinta netral untuk campuran warna. Serta ada juga jenis tinta rubber transparan.

Tinta rubber transparan memiliki warna transparan. Ini biasanya dipakai dalam sablon dengan lapisan warna/bertumpuk. Lapisan warna yang di atas akan dipengaruhi warna di bawahnya.

Pencetakan dengan sablon rubber secara manual menggunakan alat berupa screen. Ini berbentuk persegi dengan bingkai dan kain tipis. Nantinya emulsi film dioleskan pada permukaan screen. Pengolesan tersebut perlu dilakukan di ruangan yang gelap. Kertas kalkir biasanya digunakan untuk media gambarnya.

Kelebihan dari Sablon Rubber

Sablon yang berkualitas tentunya akan menghasilkan produk kaos yang disukai. Jadi perlu menggunakan teknik dan bahan yang juga berkualitas. Sebagai bahan sablon manual, jenis sablon rubber punya banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan sablon rubber.

  • Elastis

Terbuat dari bahan karet, sablon rubber punya karakter yang lebih elastis dari jenis tinta sablon lainnya. Ini memberikan keuntungan saat diaplikasikan pada kaos. Cetakan sablon yang elastis tidak akan mudah rusak dan mengikuti pola kaos tersebut. Jika kaos ditarik pun ini juga tidak akan mudah pecah.

  • Harga Terjangkau

Sablon rubber memiliki harga tinta yang lebih terjangkau daripada jenis tinta lainnya. Harganya bisa bervariasi sesuai dengan merek atau produsen yang membuatnya. Namun secara umum harga dari jenis sablon ini cukup murah sehingga banyak digunakan.

  • Cepat Kering

Sablon rubber juga punya sifat yang cepat kering. Tinta sablon yang cepat kering akan mempermudah proses produksi. Tinta ini bisa kering hanya dalam 15-20 detik. Ini jauh lebih cepat dari tinta lainnya yang membutuhkan waktu sampai 10 menit. Proses pencetakan kaos bisa lebih cepat dengan menggunakan sablon rubber.

  • Mudah Diperbaiki

Sifatnya yang elastis membuat sablon rubber juga mudah untuk diperbaiki. Jadi jika ada kesalahan pada proses sablon maka bisa cepat diperbaiki. Perbaikan tersebut bisa dilakukan saat tinta sablon masih basah. Jadi perlu cepat diperbaiki saat mengetahui terjadi kesalahan desain.

  • Mudah Dirawat

Kaos sablon rubber juga bisa menguntungkan bagi pemakainya. Jenis sablon ini mudah dalam hal perawatan. Ini tidak akan mudah pecah saat dicuci atau disetrika. Namun saat menyetrika sebaiknya menggunakan suhu yang tidak terlalu panas. Pencuciannya juga bisa dilakukan secara manual atau dengan mesin cuci.

  • Kuat Dan Tahan Lama

Kelebihan sablon rubber yang sudah banyak diketahui yaitu kuat dan tahan lama. Sablon ini bisa merekat dengan kuat dan tidak mudah luntur atau pecah. Ini bisa membuat hasil cetakan sablonnya bertahan cukup lama.

  • Cocok untuk Media Gelap

Jenis tinta sablon tertentu ada yang hanya cocok untuk jenis warna kain yang cerah. Sablon rubber sendiri cocok digunakan untuk media yang gelap. Tinta rubber bisa menutup permukaan kain dengan warna gelap seperti hitam. Proses penyablonan media gelap sendiri membutuhkan dasar tinta putih.

  • Mudah Didapatkan

Sablon jenis rubber yang berbahan karet ini sudah banyak digunakan di Indonesia. Jadi jika ingin membeli tinta rubber untuk sablon tidak akan sulit. Ada banyak penjual baik offline maupun online yang menawarkan jenis tinta sablon rubber.

  • Banyak Pilihan Merek dengan Kualitas Bervariasi

Selain mudah didapatkan jenis sablon rubber ini tersedia dalam berbagai merek. Setiap merek biasanya punya keunggulan tersendiri. Jadi jika ingin membelinya ada banyak pilihan.

  • Sangat Cocok untuk Sablon Kaos

Sablon rubber disebut sebagai jenis sablon yang sangat cocok untuk kaos atau t-shirt. Bahan yang biasanya digunakan untuk kaos sesuai dengan karakter sablon rubber. Ini membuat jenis sablon ini bisa merekat dengan baik dan awet.

Sablon Rubber Punya Kekurangan Juga

Selain punya banyak kelebihan, sablon rubber memiliki kekurangan. Namun kekurangannya cenderung sedikit sehingga masih populer digunakan. Berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh jenis sablon rubber.

  • Ada Sisa Kerak

Sablon rubber biasanya dipakai dengan teknik sablon manual. Penggunaan yang terus-menerus bisa menimbulkan kerak pada screen untuk sablon. Jadi perlu ada pembersihan secara rutin agar kerak tersebut tidak menumpuk. Jika ternyata kerak sudah terlalu banyak maka perlu mengganti alat screen yang dipakai.

  • Limbah

Kekurangan lain dari sablon jenis ini yaitu masalah limbah yang dihasilkan. Sebenarnya semua jenis tinta sablon juga menghasilkan limbah. Namun limbah dari sablon jenis ini cenderung lebih banyak. Ini bisa terjadi salah satunya karena tinta yang cepat kering. Pengelolaan limbah harus dilakukan dengan baik agar tidak menumpuk dan mencemari lingkungan.

  • Kualitas yang Berbeda

Sebagai jenis tinta sablon yang populer, ada banyak pilihan merek sablon rubber. Ini bisa menjadi salah satu kekurangannya karena ada merek dengan kualitas kurang baik. Produsen kadang hanya berlomba-lomba memperbanyak produk namun tidak berkualitas. Lebih baik membeli sablon dengan merek yang sudah dikenal baik.

  • Lebih Cocok dengan Teknik Manual

Sablon rubber lebih cocok digunakan untuk teknik sablon manual daripada digital. Orang yang ingin melakukan penyablonan dengan tinta jenis ini tentunya harus memiliki skill. Tanpa kemampuan yang baik maka hasilnya bisa kurang rapi.

Kekurangan yang dimiliki sablon jenis ini masih bisa dimaklumi. Masalah pengelolaan limbah sablon juga terjadi pada jenis sablon lainnya. Usaha sablon perlu melakukan pengelolaan limbah yang baik sesuai dengan ketentuan yang ada.

Pemilihan jasa sablon profesional untuk pembuatan kaos perlu menjadi pertimbangan. Jasa yang profesional tentunya memiliki alat dan pekerja yang bagus. Mereka pastinya juga menggunakan produk tinta sablon rubber yang berkualitas. Ini bisa menjadi dasar untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Sablon rubber memiliki banyak sekali kelebihan sehingga tak heran menjadi populer. Banyak jasa sablon kaos yang menggunakan jenis tinta yang satu ini. Jenis sablon yang kuat dan tahan lama menjadi syarat untuk disukai oleh pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.