Sejarah Kaos Raglan yang Belum Diketahui Banyak Orang

Sejarah kaos raglan memang belum diketahui oleh banyak orang, meskipun sudah semakin banyak orang yang menggunakan jenis kaos ini. Kaos memang menjadi salah satu jenis pakaian yang memiliki banyak penggemar karena nyaman digunakan untuk berbagai kesempatan, seperti hangout bersama teman, olahraga hingga kegiatan di rumah.

Setiap orang pasti memiliki jenis pakaian ini dalam lemarinya, bahkan satu orang memiliki lebih dari satu. Bahan yang nyaman dan mudah menyerap keringat menjadi alasan mengapa banyak orang menyukainya, baik laki-laki, perempuan, muda hingga tua, banyak dari mereka yang lebih suka menggunakan kaos dalam sehari-hari.

Kamu mungkin salah satu pecinta kaos atau bahkan mengoleksi beberapa model dan desain karena semakin lama semakin bervariasi. Dulunya, kita memang lebih mengenal kaos polos dengan satu warna saja, tapi sekarang sudah ada kaos raglan yang tak kalah populer dengan kaos oblong polos.

Sebagian dari kamu pasti sudah pernah menggunakan atau bahkan memiliki beberapa item. Lantas, apa yang membedakan kaos raglan dengan kaos oblong pada umumnya? Tentu kamu juga penasaran dengan bagaimana sejarah kaos raglan yang belum diketahui oleh orang banyak dan berikut ulasan lengkapnya.

Karakteristik yang Terdapat pada Kaos Raglan

Bagi kamu pecinta kaos, pasti sudah paham bagaimana bentuk dan model jenis kaos raglan ini. Secara tampilan saja, kita pasti sudah bisa mengetahui pakaian mana yang disebut sebagai kaos raglan karena jenis kaos ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dari jenis kaos lainnya.

Keunikan pertama dapat kita lihat dari potongan diagonal yang berbeda warna dan biasanya warna antara bagian lengan kaos berbeda dengan warna pada bagian badan. Jadi, umumnya jenis kaos ini terdiri dari dua warna berbeda dan warnanya pun sangat bervariasi sehingga kita memiliki lebih banyak pilihan.

Jika mengulas tentang sejarah kaos raglan, mungkin kita akan menemukan satu tipe karena pada saat itu jenis kaos ini belum terlalu populer ataupun digunakan secara umum. Berbeda dengan zaman yang sudah ada sekarang ini, di mana sudah banyak orang yang mengenal, bahkan mengenakan sebuah kaos raglan di berbagai kesempatan yang ada.

Sekarang ini, karakteristik kaos raglan semakin bervariasi, misalnya saja dari tipe yang tersedia, yaitu tipe lengan pendek, tipe lengan 3/4 hingga tipe lengan panjang sehingga pilihan pun semakin banyak. Kita juga bisa menyesuaikan tipe lengan ini dengan kebutuhan karena bisa digunakan untuk lengan pendek dan panjang.

Sebagai Pakaian Olahraga Baseball atau Kasti

Jika kamu pecinta olahraga baseball atau olahraga kasti, pasti sudah tidak asing dengan model kaos raglan karena memang identik sebagai kaos olahraga. Sejarah kaos raglan juga mengungkapkan bahwa awal mulanya kaos raglan digunakan sebagai pakaian olahraga, khususnya untuk kedua olahraga yang sudah disebutkan tadi.

Dulunya, para pemain baseball menggunakan kaos dengan model ini sebagai kostum atau seragam timnya saat melakukan pertandingan ataupun latihan. Tidak heran jika penggunaan kaos ini sering dikaitkan dengan seragam olahraga pada masa tersebut. Banyak orang yang kemudian suka dengan olahraga baseball dan kasti pada masa itu.

Mulai dari sinilah, model kaos raglan semakin diminati oleh masyarakat umum, khususnya bagi pecinta olahraga baseball dan kasti. Mulanya, mereka menggunakan kaos tersebut untuk memberikan semangat pada tim tercintanya. Tapi, lama kelamaan semakin banyak orang yang menyukai jenis kaos ini untuk digunakan sehari-hari.

Jadi, sejarah kaos raglan dimulai dari seragam olahraga, seperti baseball dan kasti. Baru kemudian menyebar ke penggemar dan masyarakat umum hingga sekarang sudah digunakan untuk kegiatan sehari-hari karena nyaman dan bahannya mudah menyerap keringat seperti kaos polos pada umumnya.

Perang Waterloo yang Terjadi antara Inggris dan Prancis

Selain pemakaian kaos raglan yang menarik untuk disimak, ada baiknya kita juga tahu bagaimana asal usul penamaan jenis kaos yang satu ini. Kamu pasti penasaran bukan tentang pemberian nama raglan pada jenis kaos ini? Nama raglan adalah sebuah nama yang berasal dari sebuah desa kecil di Negara Inggris yang bernama Raglan.

Di desa ini, tinggal seorang serdadu di Negara Inggris yang bernama Fitzroy James Henry Somerset. Nama ini sudah tidak asing bagi kamu yang sudah mempelajari bagaimana sejarah kaos raglan. Nama Fitzroy populer saat terjadi peperangan antara Inggris melawan Prancis sebagai salah satu orang yang berjuang dalam perang tersebut.

Perang ini dinamakan The Battle of Waterloo atau Perang Waterloo. Lantas, apa yang terjadi pada perang ini? Perang ini terjadi di dekat Kota Waterloo dan berlangsung pada 18 Juni 1815 sebagai pertempuran terakhir Napoleon.

Pasukan Prancis yang berada di bawah pimpinan Napoleon mengalami kekalahan saat melawan Inggris-Belanda-Jerman yang dipimpin oleh Jenderal Wellington dan Fledmarschall Blucher sebagai sekutu Prussia-nya. Sejarah kaos raglan juga berkaitan dengan berakhirnya Kekaisaran Prancis Pertama yang terjadi pada tanggal 22 Juni 1815.

Perjuangan Fitzroy dalam Perang Hingga Harus Mengalami Amputasi pada Tangan

Dalam perang ini, kita akan mengenal nama Fitzroy sebagai salah satu pasukan yang terjun ke medan perang. Perjuangannya selama perang membuat Fitzroy mengalami 5 tusukan pada lengannya hingga ia harus mengalami amputasi pada tangan tersebut. Meski kehilangan sebelah tangan, semangatnya untuk melanjutkan pertempuran tetap membara.

Namun, karena kondisi yang dialaminya membuat Fitzroy tidak lagi terjun ke medan perang dan ia memutuskan untuk belajar menulis menggunakan tangan kiri. Setelah itu, ia bekerja sebagai staff administratif di pemerintah kerajaan Inggris sebagai bentuk pengabdiannya. Sejarah kaos raglan pun tidak pernah jauh dari perjuangannya.

Besarnya jasa Fitzroy selama berperang, kerajaan Inggris pun memberikan sebuah hadiah yang berupa sebuah penghormatan pada Fitzroy dengan sebuah julukan atau sebutan “The 1st Baron of Raglan” yang memiliki sebuah “Baron dari desa Raglan”. Baron juga menunjukkan bahwa Fitzroy merupakan orang yang dianggap sudah berjasa untuk negaranya, yaitu Negara Inggris.

Pemberian gelar kehormatan dari pihak Kerajaan Inggris ini menunjukkan betapa besarnya jasa dan pengabdian Fitzroy terhadap negara. Bahkan, tidak hanya di medan perang, tapi saat kondisi tidak memungkinkan pun, ia tetap mengabdikan diri untuk negaranya sebagai salah satu staf dalam pemerintahan, yaitu sebagai staf administratif.

Penghormatan Jasa Fitzroy dan Kaos Raglan Mulai Dikenal

Kehilangan satu tangan yang dialami oleh Fitzroy, tidak lantas membuatnya berputus asa, justru ia bangga terhadap perjuangannya dalam mengabdikan diri untuk tanah airnya, Inggris. Menurut sejarah kaos raglan, mantel yang digunakan Fitzroy mirip dengan model jahitan tangan kaos raglan saat ini.

Sebagai penghormatan atas jasa Fitzroy, maka nama untuk kaos ini mengambil dari nama desa asal dari Fitzroy sebagai, yaitu Raglan. Dari situlah nama kaos raglan mulai dikenal secara umum dan menjadi salah satu model kaos yang paling diminati sejak dulu hingga sekarang.

Apalagi dengan banyaknya inovasi dan variasi yang ada membuat pilihan kaos raglan pun semakin banyak. Bukan hanya pada tipe lengan, tapi juga warna, tulisan, gambar, ukuran dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa memilih kaos raglan seperti apa yang disukai dan cocok dengan kebutuhan.

Kaos raglan yang semakin bervariasi membuat penggemarnya pun semakin banyak. Terlebih dengan bahan yang digunakan membuat pemakainya merasa nyaman sehingga cocok digunakan untuk pakaian sehari-hari, seragam olahraga hingga hangout bersama teman. Itulah tadi sejarah kaos raglan yang menarik untuk kita pelajari bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *