Tips Memilih Bahan Kaos Konveksi Murah Berkualitas

Seringkali sulit untuk mengetahui jenis kain kaos konveksi murah yang baik. Apalagi yang sesuai dengan tema kaos, baik untuk event komunitas atau pribadi. Untuk mendapatkan bahan terbaik apalagi di konveksi murah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. 

Pelajari dulu beberapa jenis bahan kaos yang akan Anda gunakan. Pastikan bahan yang Anda pilih tidak hanya menarik dari segi harga, tetapi bermutu tinggi.

Kami mengulas beberapa jenis bahan kaos konveksi murah secara lengkap untuk Anda. Simak juga beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat memilih bahan.

Jenis-jenis Bahan Kaos Konveksi Murah 

Trend kaos yang berkembang saat ini memiliki banyak pilihan sesuai jenis bahan. Selain menarik, juga memiliki keunggulan masing-masing yang jarang diketahui umum.

Berikut Kami uraikan beberapa jenis bahan beserta kelebihan dan kekurangannya di bawah ini :

  • Cotton Combed

Cotton Combed adalah bahan paling umum dipakai untuk produk kaos konveksi murah. Merupakan jenis katun yang terkenal akan kualitas kain yang sangat lembut.

Dari segi harga, cotton combed lebih mahal dibandingkan kain cotton carded. Keduanya sering disalah kenali karena bertekstur lembut.

Bedanya Cotton combed dibuat melalui proses combing atau penyisiran hingga ke serat-serat kapas. Proses penyisiran mampu membuang serat-serat yang berukuran pendek.

Serat-serat kapas yang pendek hanya akan membuat tekstur kain menjadi kasar. Proses penyisiran juga secara maksimal membuang butiran-butiran kapas.

Fakta tidak adanya bahan kimia dalam proses  pembuatan, membuat kain jenis ini aman untuk kulit Anda. Terutama bagi Anda yang punya alergi atau mudah terkena iritasi. 

Kelemahan Cotton Combed adalah mudah terkena jamur. Oleh karena itu penting untuk tidak menaruhnya di tempat yang lembab dalam waktu lama.

Selain itu, karena mampu menyerap air dengan baik, membuat kondisi kain lebih cepat rusak. Terutama jika kain direndam dalam waktu lama di dalam air.

  • Cotton Carded

Kain jenis ini hampir sama dengan cotton combed yaitu bertekstur lembut. Perbedaannya terdapat di dalam proses pembuatannya.

Di mana Cotton carded dibuat dengan proses carding atau digaruk sehingga tidak selembut cotton combed. Selain itu agak sedikit kasar ketika dilakukan tes handfeel.

Anda akan bisa menemukan sedikit sisa butiran kapas yang tertinggal. Itu karena dalam proses carding tidak serapat proses combing.

Kain cotton carded memiliki permukaan yang agak bergelombang dan berbulu. Oleh karena itu kain jenis ini lebih murah, sehingga banyak yang memilih kain ini hanya karena harganya. Apalagi jika memesannya di konveksi murah. 

  • Viscose

Kain jenis ini ditemukan sejak tahun 1800-an dan terkenal digunakan untuk membuat baju dan jilbab. Teksturnya yang ringan dan lembut berasal dari pulp kayu.

Hampir mirip dengan kain sutera karena tampilannya yang berkilau dan mudah jatuh. Terlihat indah saat jatuh dengan tampilannya yang mewah.

Warna kain viscose tidak mudah pudar meski dipakai berkali-kali. Oleh karena itu, cocok dikombinasikan dengan kain seperti spandex, katun, dan poleyster yang memiliki kualitas yang sama.

Seperti keunggulan kain lainnya, viscose juga sangat mudah menyerap air. Bahannya yang adem saat dipakai di cuaca panas, cocok dibuat untuk pakaian olahraga.

Kekurangan viscose adalah kain ini mudah kusut, karena itu sebaiknya dicuci dengan tangan. Selain itu mudah robek dan melar atau sebaliknya menyusut saat basah. 

Disarankan untuk tidak menyetrika kain ini dengan suhu tinggi agar warnanya tidak berubah menjadi kuning. Lapisi dengan kain di atasnya saat akan disetrika.

  • Polyester

Polyester (Polyester Fiber) berasal dari serat sintetis Polyester. Dibuat dari kombinasi proses kimia polimerisasi etilen glikol dengan asam tereftalat. 

Memakai kaos konveksi murah dari polyester memiliki beberapa keunggulan yang berbeda dari kain lainnya. Kain anti Jamur, kuman, dan bakteri sehingga sangat higienis.

Selain itu, bahannya yang lentur membuat kain tidak mudah berkerut. Polyester tahan terhadap beberapa bahan kimia sehingga membuat bahan jadi awet.

Polyester mudah kering dan mampu menahan panas, sehingga cocok digunakan untuk kaos jenis apa saja. Terutama untuk kaos aktivitas outdoor.

Polyester cukup sensitif dengan suhu tinggi dan sangat mudah terbakar. Oleh karena itu disarankan untuk berhati-hati saat mencetak sablon dengan bahan ini.

  • Chief Value Cotton (CVC)

Chief Value Cotton sering digunakan untuk kaos oblong polos dan sablon. Kain CVC cukup alami karena memiliki komposisi kapas lebih banyak dari Polyester. 

Hal ini juga membuat kain lebih higienis, kuat, dan awet dari jenis kain yang 100% mengandung serat kapas alami. CVC juga tidak mudah luntur karena menyerap warna dengan baik. 

  • Cotton Bamboo

Merupakan jenis kain yang sesuai namanya berasal dari bambu dicampur dengan kapas. Bahannya yang alami membuat kain aman untuk kulit.

Cotton memiliki daya serap tinggi sehingga tidak mudah lembab dan bau. Cukup adem saat dipakai, tetapi juga hangat saat digunakan di musim dingin.

Fakta bahwa kain ini terbuat dari bahan yang benar-benar alami, menjadikannya ramah lingkungan. 

  • Rayon 

Rayon dibuat dari serat selulosa yang diregenerasi dari bulir-bulir kayu atau dinding sel tumbuhan. Bahannya yang mirip katun membuat karakter kain lebih halus, licin seperti sutera.

Kainnya yang sangat halus membuat kain tidak mudah berkerut. Selain itu karena mudah menyerap air, warna kain tampak lebih cerah dan jelas setelah disablon.

Rayon sangat sensitif dengan suhu panas dan mudah sekali terbakar saat disetrika. Bahannya yang tidak mudah kusut juga membuat rayon kurang kurang elastis.

  • Spandek

Spandek sangat elastis karena terbuat dari polimer sintetis dan elastane. Kain ini bahkan bisa ditarik lima kali dari ukuran semula.

Elastisitas kain yang tinggi, membuat spandek terlihat lebih seperti karet. Oleh karena itu spandek tidak memiliki daya serap tinggi. 

Spandek yang mirip seperti karet membuatnya juga tidak resisten dengan suhu panas. Cocok untuk dibuat sebagai bahan untuk pakaian ketat, tetapi fleksibel untuk bergerak.

  • Hyget

Hyget unggul dalam harga karena cukup terjangkau dibandingkan kain combed dan carded. Sering digunakan untuk produksi kaos konveksi murah seperti event-event pemilu dengan budget rendah.

Meski tipis, Hyget sulit menyerap air karena terbuat dari perpaduan kain polyester dan kapas. Menggunakan polyester lebih banyak juga membuat kain ini panas saat dipakai di bawah matahari.

  • Teteron Cotton

Bahan terakhir yang juga sering digunakan dalam pembuatan kaos konveksi murah adalah Teteron Cotton. Kain ini menggunakan polyester lebih banyak daripada cotton combed. 

Komposisi polyester yang mendominasi membuat TC kurang baik dalam menyerap air. Selain itu bahannya cukup panas untuk pembuatan kaos.

Kelebihan Teteron Cotton adalah durabilitas kain yang kuat. Kaos dengan bahan ini tidak mudah kusut sehingga selalu tampak rapi.

Harganya yang ekonomis, cocok digunakan untuk membuat kaos dalam jumlah besar untuk jasa konveksi murah. Misalnya kaos untuk event reuni komunitas Anda.

Tempat Konveksi Murah dan Berkualitas Hanya di Tukang Kaos Bandung 

Tukang Kaos Bandung merupakan konveksi murah dan terjamin kualitasnya. Semua proses produksi kami dikerjakan oleh tim yang sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun di bidang konveksi. Konveksi murah kami menjamin hasil yang maksimal, sehingga tidak mengecewakan klien. 

Selain itu, Kami menawarkan beberapa keunggulan lainnya yang bisa Anda simak di bawah ini :

  • Beragam Jenis Bahan Kain Berkualitas

Kami menawarkan berbagai macam pilihan bahan kain yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Soal kualitas, Kami mengandalkan mutu dengan standar yang tinggi demi kepuasan Anda.

Untuk lebih meyakinkan, Anda bisa cek langsung melalui testimoni pelanggan Kami yang tersedia di laman resmi Kami. Tersedia juga beberapa portofolio yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

  • Cepat dan Sesuai Target

Dari proses desain hingga pengiriman semua dilakukan secara profesional sehingga proses pengerjaan lebih cepat dan sesuai deadline. Dilengkapi juga dengan peralatan canggih dan lengkap yang membuat proses produksi menjadi lebih maksimal.

Proses pengiriman produk pun menjadi lancar dan Anda tidak perlu takut jika sewaktu-waktu Anda kehabisan stok produk. Barang akan sampai tepat waktu sesuai dengan spesifikasi waktu yang sudah disepakati di awal. 

Selain itu, jangkauan pengiriman produk Kami juga luas mencakup ke seluruh Indonesia. Anda yang berada di luar pulau Jawa juga bisa menggunakan jasa konveksi murah Kami.

  • Mudah dan Responsif

Pemesanan bisa dilakukan secara online dengan cara menghubungi kontak layanan yang tersedia di laman resmi Kami. Anda akan langsung terhubung dengan tim customer service Kami secara cepat dan responsif. 

Kami juga menyediakan layanan konsultasi secara gratis dengan pelayanan yang ramah dan informatif. Anda bisa mendiskusikan langsung terkait masalah desain, rekomendasi, dan masalah teknis lainnya pada tim CS Kami.

  • Affordable Price

Kami menawarkan harga yang terjangkau untuk semua produk konveksi murah Kami,  sehingga Anda tidak perlu cemas perihal biaya. 

Itu tadi beberapa ulasan dari Kami mengenai jenis bahan kain untuk kaos Anda. Dengan mengenali beberapa jenis kain terbaik untuk konveksi murah, Anda bisa lebih mudah mempertimbangkan bahan untuk kaos  Anda.

Jangan ragu untuk mempercayakan konveksi murah kami, karena berkualitas dan terjamini. Dapatkan produk berkualitas dan harga yang terbaik hanya di Tukang Kaos Bandung sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published.