Pakai Atasan Hitam atau yang Putih? Cek Dulu Ya Plus Minusnya

Atasan hitam atau putih punya plus dan minus masing-masing. Tak hanya soal selera, warna pakaian juga memberikan dampak tampilan yang berbeda-beda. Simak penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan atasan hitam dan putih berikut.

Kelebihan kalau Menggunakan Atasan Hitam

Sumber : Unsplash

Atasan hitam baik berupa kaos, blouse, kemeja, jaket, dan lainnya punya banyak peminat. Ini karena warna hitam dalam pakaian punya banyak kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan atasan hitam:

  • Terlihat Elegan Dan Dewasa

Warna atasan hitam bisa membuat tampilan seseorang menjadi dewasa. Warna ini membuat seseorang bisa terlihat lebih matang dari usianya. Ini juga memberikan nuansa yang elegan sehingga cocok untuk berbagai aktivitas.

  • Cocok Untuk Berbagai Aksesoris

Penyuka aksesoris tidak akan kesulitan mengkombinasikannya dengan atasan hitam. Aksesoris dari berbagai jenis bahan seperti emas, perak, metal, dan lainnya cocok dengan warna hitam. Atasan hitam yang terlihat simple tidak masalah jika diberi banyak aksesoris tambahan.

  • Terlihat Lebih Ramping

Menggunakan atasan atau bawahan dengan warna hitam juga memberi efek ramping. Ini cocok digunakan baik bagi yang berbadan kurus atau berisi. Warna hitam bisa menyembunyikan bentuk badan yang berisi sehingga terlihat lebih ramping.

  • Cocok Untuk Semua Musim

Pakaian berwarna hitam cocok digunakan untuk semua musim. Baik itu musim hujan atau musim kemarau tidak menjadi masalah dengan pakaian warna ini. Di musim hujan, jaket berwarna hitam dapat jadi pilihan. Begitu juga di musim kemarau, atasan hitam bisa dipadukan dengan bawahan lainnya.

  • Tidak Mudah Terlihat Kotor

Warna hitam cenderung tidak mudah kotor. Ini bisa menutupi noda yang menempel sehingga tampak samar. Jadi saat ada kegiatan yang berisiko menimbulkan noda maka warna hitam dapat jadi pilihan. Meskipun demikian pakaian dengan warna ini tentunya tetap harus dijaga kebersihannya.

  • Menutupi Mahal Atau Murah

Pakaian berwarna hitam cenderung sulit dikenali apakah mahal atau murah. Atasan dari berbagai jenis kain berwarna hitam bisa jadi pakaian yang tampak mewah. Bahannya bisa murah tapi hasilnya bisa tampak lebih mahal.

Kelebihan Menggunakan Atasan Putih

Sumber : Unsplash

Warna putih disebut sebagai warna yang netral. Ini bisa jadi warna favorit bagi sebagian orang. Sebagai atasan, warna putih punya banyak kelebihan. Berikut beberapa kelebihan menggunakan atasan putih:

  • Mudah Dipadukan Dengan Semua Warna

Atasan dengan warna putih mudah dipadukan dengan warna lainnya. Ini cocok dengan warna hitam, merah, pink, kuning, atau warna lainnya. Pilihan atasan putih tidak akan membuat bingung saat ingin memadukannya.

  • Cocok Untuk Kulit Warna Kecokelatan

Bagi yang punya warna kulit kecokelatan, putih bisa jadi warna pakaian yang tepat. Ini bisa lebih memancarkan warna kulit cokelat. Namun ini sebenarnya cocok juga untuk warna kulit lainnya.

  • Cocok Untuk Musim Panas

Warna putih diketahui tidak akan menyerap sinar matahari. Jadi menggunakan pakaian dengan warna ini cenderung tidak panas. Ini sangat cocok digunakan saat musim panas karena bisa lebih terasa dingin.

  • Menonjol Saat Malam Hari

Atasan atau gaun berwarna putih juga cocok digunakan untuk acara malam hari. Di malam yang suasananya remang, warna putih akan terlihat lebih menonjol. Warna ini bisa jadi pilihan saat menghadiri acara atau pesta di malam hari.

  • Terlihat Lebih Segar

Warna putih bisa membuat seseorang tampil lebih segar. Kaos atasan berwarna putih cocok untuk kegiatan sehari-hari. Pemakainya bisa terlihat lebih segar meski sudah banyak beraktivitas.

  • Memancarkan Aura

Pakaian dengan warna putih bisa memancarkan aura seseorang. Ini disebut bisa memperluas pancaran aura setidaknya sejauh satu kaki. Tak heran jika banyak orang seperti pemimpin di berbagai bidang yang senang menggunakan pakaian putih.

Kekurangan Menggunakan Atasan Hitam atau Putih

Atasan dengan warna hitam atau putih sama-sama memiliki kekurangan. Ini bisa jadi pertimbangan saat ingin mengenakannya. Ada acara yang mungkin lebih cocok menggunakan warna hitam, dan ada juga yang lebih cocok dengan warna putih.

Warna hitam memang terlihat elegan, tapi ini tidak selalu cocok digunakan. Berikut beberapa kekurangan dalam menggunakan atasan hitam:

  • Lebih Panas Saat Matahari Terik

Warna hitam pada pakaian bisa menyerap sinar matahari. Jadi ini kurang cocok saat dipakai di siang hari saat matahari sedang terik. Memakai kaos hitam di bawah terik matahari akan terasa lebih panas.

  • Efek Psikologis Yang Negatif

Warna hitam memiliki efek psikologis yang cenderung negatif. Bagi pemakainya ini bisa memunculkan perasaan murung. Begitu pula bagi yang melihat, warna hitam memiliki kesan yang sedih atau negatif. Tak heran jika warna ini lebih sering dipakai saat ada pemakaman.

  • Terlihat Repetitif

Menggunakan pakaian dengan warna hitam bisa terlihat repetitif. Meskipun ada berbagai model namun kadang bisa terlihat sama di depan orang lain. Ini juga seperti kurang kreativitas dan tidak mau mencoba warna yang lebih terang.

  • Mudah Terlihat Jika Ada Bulu Hewan Yang Menempel

Menggunakan pakaian dengan warna hitam bisa menutupi noda. Tapi ini juga bisa menonjolkan jika ada bulu hewan yang menempel. Bulu hewan yang berwarna putih atau terang akan lebih terlihat dengan warna hitam.

Warna putih juga punya beberapa kekurangan saat digunakan sebagai atasan. Berikut ini beberapa kekurangan menggunakan pakaian atau atasan berwarna putih:

  • Mudah Kotor

Warna putih memang terkesan suci atau bersih. Tapi jika tidak dijaga dengan baik ini lebih mudah kotor. Saat ada noda menempel maka akan lebih terlihat dari pada pakaian warna lain. Selain itu warna putih bisa mudah kusam jika sering dipakai.

  • Terlihat Lebih Berisi

Berbeda dengan pakaian warna hitam yang membuat langsing, putih malah membuat lebih berisi. Apalagi jika berupa terusan putih maka bisa terlihat bentuk tubuhnya.

  • Bisa Terlihat Transparan

Atasan dan bawahan berwarna putih bisa terlihat lebih transparan. Ini bisa terjadi jika menggunakan bahan kain tertentu. Jadi perlu memakai baju dalaman yang tepat.

  • Harus Dicuci Dengan Teliti

Pakaian berwarna putih bisa mudah terlihat kotor atau kusam. Jadi perlu untuk mencucinya lebih teliti. Kadang perlu deterjen khusus agar pakaian berwarna putih tetap terlihat lebih bersih.

Pakaian hitam atau putih memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini bisa menjadi pertimbangan saat akan menggunakannya. Jenis aktivitas yang dilakukan juga bisa dipertimbangkan.

Selain warna, jenis bahan kain yang digunakan juga berpengaruh. Ini bisa membedakan kenyamanan saat memakainya. Pakaian dengan bahan tipis dengan warna putih tentunya tidak bisa dipakai tanpa dalaman. Pakaian hitam dengan bahan tebal juga kurang cocok di cuaca yang panas.

Warna hitam atau putih bisa menjadi pilihan atasan asalkan nyaman dipakai. Beragam model atasan dapat disesuaikan dengan acara yang akan dihadiri. Beberapa acara membutuhkan atasan formal, acara santai lebih cocok dengan atasan kasual. Pilihan warna hitam atau putih sebenarnya tak terlalu menjadi persoalan asalkan tetap sopan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.