Kamu Perlu Tahu Seberapa Pentingnya Bagan Ukuran/Size Chart untuk Bisnis Pakaian?

Produk fashion sangat erat kaitannya dengan ukuran badan. Banyak pembeli yang merasa cemas jika tidak sesuai ukuran pakaian. Untuk meyakinkan pembeli baju online, pembeli harus tahu seberapa penting bagan ukuran/size chart untuk bisnis pakaian kamu? Berikut beberapa informasinya.

Alasan Mengapa Size Chart Sangat Penting untuk Bisnis Fashion Online

Saat memasarkan produk fashion, chart size dan ukuran memang sangat penting. Seperti yang biasa diketahui, pakaian memliki variasi ukuran mulai dari S, M, L hingga XL. Definisi ukuran pakaian sendiri memiliki ketentuan sebagai berikut.

  • Berbeda dengan Ukuran dari Pabrik

Perlu tahu juga bahwa setiap pabrik memproduksi ukuran baju yang berbeda. Salah satu contohnya ukuran S, M, L dan Xl industri konveksi A tidak sama dengan konveksi B. Setiap jenis pabrik memiliki detail ukuran dan model yang tidak sama.

  • Ukuran Brand Luar Negeri dan Brand Lokal

Inilah yang menjadi seberapa penting bagan ukuran/size chart untuk bisnis pakaian. Terkadang ukuran dari produk luar negeri dan lokal tidak sama. Untuk ukuran produk import terkadang lebih besar dari produk lokal.

  • Harus Paham Dulu Bahwa Ukuran Baju Setiap Negara Berbeda

Beberapa negara yang bisa dibuat pembanding ukuran baju diantaranya Inggris, Australia, Jepang, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya. Jadi, bisa membuat chart dan tabel untuk membandingkan ukuran pakaian per negaranya.

  • Pastikan Konsumen Bisa Memperkirakan Ukuran Baju

Yakinkan bahwa konsumen bisa memperkiran berapa ukuran baju. Jadi, konsumen bisa melihat berapa ukuran baju dari golongan S, M, L dan XL. Seperti yang disebut pada pembahasan sebelumnya, produk import memiliki ukuran yang lebih besar dari XL.

 

Tips Memilih Ukuran pada Fashion Pakaian Online dan Offline

Agar pakaian ukuran bisa diperkirakan secara pasti, kamu harus tahu beberapa ukuran baju. Macam-macam ukuran pakaian dalam centimeter ini perlu kamu tahu. Besaran ukuran berdasarkan kategori ini bisa digunakan sebagai patokan. Berikut beberapa tips menentukan ukuran pakaian, diantaranya:

  • Pastikan Perkiraan Ukuran Baju Tepat dengan Bentuk Badan

Pertama, kamu harus tahu berapa ukuran lingkar dadamu. Agar ukuran dada baju valid, ukur mulai punggung hingga dada terlebar.

  • Ukur Lingkar Pinggang untuk Menentukan Ukuran Celana

Kedua, kamu bisa menggunakan jarimu. Tekan jemarimu di tubuh yang berada di dekat pinggang sebelah kanan. Untuk mengukur lingkar pinggang, usahakan jangan kecilkan perutmu. Bisa juga melakukannya dengan cara melihat di depan cermin.

  • Mengukur Besarnya Lingkar Pinggul

Berikutnya, letakkan jarimu pada bagian pinggul yang paling besar. Supaya pakaian bisa lebih nyaman, tambahkan lebih dari 4 cm. Ada baiknya memilih ukuran celana yang lebih besar sedikit. Hal ini lebih baik. Apabila salah membeli celana yang lebih besar, ukurannya masih bisa dikecilkan. Lebih baik besar sedikit daripada kekecilan.

  • Hindari Menjual Baju All Size Secara Online

Jangan menjual baju yang tidak memiliki ukuran secara online. Deskripsi baju tersebut bisa pas sesuai ukuran badan. Namun, kamu harus memilih ukuran baju yang jelas. Jika kamu memilih all size melalui online, kemungkinan salah memilih ukuran baju bisa terjadi.

  • Hindari Memaksa Memilih Baju karena Takut Kehabisan Stok

Prioritas dalam memilih baju adalah kenyamanan. Pastikan ukuran baju pas dan tidak membuat pelanggan sesak. Jangan takut kehabisan stok di toko karena staf gudang selalu menyediakan stok baju baru yang lebih bagus lagi.

 

Memilih Detail Ukuran Sesuai Kategori untuk Bisnis Fashion

Agar tidak salah pilih, kamu harus teliti memilih ukuran sesuai simbol kategori. Dalam artikel ini, kamu bisa melihat ukuran angka sesuai dengan kategori yang ada. Berikut beberapa kategori simbol sesuai dengan ukurannya.

  • Fashion dengan Ketentuan Ukuran S

Ukuran S disimbolkan dengan ukuran yang paling kecil. Ukuran S berbeda-beda berdasarkan negaranya. Warga Australia memilih ukuran S dengan ketentuan: 89 hingga 91 cm untuk lebar dada. 99 hingga 101 cm pada bagian pinggul serta 71-73 cm pada bagian pinggang.

Jika hendak memilih ukuran celana dalam standar luar negeri. Skala 6 untuk Australia dan Inggris. 34 Untuk standar Eropa dan angka 2 bagi standar Amerika.

  • Level Fashion Ukuran M

Untuk baju dengan ukuran M. Lebar dada yang cocok dimulai dari 94 sampai 96 centimeter. Untuk lingkar pinggul mulai 104 hingga 106 cm. Untuk ukuran pinggang, antara 76 sampai 78 cm.

Apabila ukuran M dinyatakan dalam level luar negeri, ukuran UK adalah 12, ukuran Australia menjadi 12, ukuran Amerika disimbolkan sebagai angka 8. Sedangkan untuk celana ukuran Eropa adalah 40.

  • Level Fashion Ukuran L

Bagi yang lebih cocok dengan ukuran L, lebar dada dimulai dari 99 hingga 101 cm. Bagi ukuran pinggul dimulai dari ukuran 109 sampai 111 centimeter. Sedangkan untuk ukuran pinggang, lingkar dimulai 81 sampai 83 cm.

Jika dinyatakan dengan angka standar luar negeri, ukuran celana 14 bagi standar Australia dan Inggris. Bagi standar Amerika, ukuran celana menjadi 10. Bagi standar Eropa, Ukuran 42 masuk menjadi kategori L.

  • Level Fashion Ukuran XL

Level fashion dengan ukuran XL sangat cocok bagi ukuran tubuh jumbo. Extra Large yang berarti sangat besar. Orang Australia memilih kategori XL dengan lebar bagian dada dengan ukuran 104 – 106 cm dengan pinggul mulai 114 sampai 116 cm. Pinggang kategori XL juga berdasarkan size 86 sampai 88 cm.

Untuk level luar negeri, pernyataan XL dalam angka Australia dan Inggris adalah 16. Amerika serikat menyatakan angka 14 dan standar Eropa dengan angka 46.

Pada bagian produk impor, perusahaan konveksi juga menyediakan baju dengan ukuran XXL, XXXL dan jumbo. Ukuran ini biasanya dipilih bagi klien berbadan jumbo.

 

Solusi Bagi Pembeli yang Salah Memilih Produk Baju Bisnismu

Membangun bisnis di bidang fashion memang tidak mudah. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar pelanggan fashionmu tetap setia. Berikut tips menghadapi pembeli yang salah memilih ukuran baju produk bisnismu.

  • Buatlah chat size secara jelas pada produk katalog bajumu. Chart yang kamu rancang bisa dimulai dari lingkar dada, perut, pinggang dan pinggul.
  • Jika pembeli salah memilih, sediakan kolom retur untuk memberikan kesempatan klien berkomentar.
  • Yakinkan klien agar mengukur badan secara pasti. Jika sudah benar, pastikan pelanggan meminta pesanan sesuai ukuran badan.

Dari beberapa penjelasan informasi diatas, kamu paham seberapa pentingnya bagan ukuran/size chart untuk bisnis pakaian yang sedang dikelola. Tidak hanya itu saja, chart dengan ukuran size yang jelas bisa mempermudah klien. Pelanggan akan mengukur badan sesuai kategori. Jika ukuran tertentu habis, harus segera update tentang informasi stok tersebut.

Bagi yang ingin menjual pakaian all size, boleh saja asalkan dijual secara offline. Khusus untuk bisnis online, chart dan size untuk katalog bisnis pakaian sangat penting.

Nah, mulai sekarang kalau berniat berjualan baju online, beri informasi ukuran baju yang jelas ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *