5 Model Jaket Ini Cocok Digunakan di Indonesia, Mana Favoritmu?

Jaket adalah salah satu fashion yang digemari semua kalangan. Bisa dibilang jaket adalah jenis fashion yang wajib ada. Jaket digunakan untuk melindungi tubuh dari suhu dingin, angin, dan juga paparan sinar matahari.

Ada beragam jenis jaket, mulai dari berbahan jeans, kaos tebal, sampai jaket berbahan tebal dan berbulu. Salah satu dari model dan bahan tersebut, Anda pasti punya. Betul? Kendati demikian ada juga jenis jaket yang tidak sesuai dengan iklim di Indonesia.

Jenis jaket tebal dan berbulu tentunya tidak cocok digunakan di Indonesia. Iklim tropis di Indonesia lebih nyaman menggunakan jaket berbahan denim, kaos, atau katun tebal. Bisa juga memakai jaket berbahan benang wol untuk daerah bersuhu dingin.

Laki-laki atau perempuan, tua ataupun muda minimal memiliki satu jaket di lemarinya. Jaket kerap digunakan ketika akan bepergian jauh. Bisa dibilang jaket adalah barang wajib terutama bagi mereka yang menaiki kendaraan roda dua.

Beragam model jaket bertebaran. Anda tinggal memilih jenis jaket mana yang Anda inginkan. Pemilihan bahan dan model yang pas diperlukan agar Anda merasa nyaman memakainya. Jadi tidak sekadar ikut-ikutan tren dari luar negeri saja.

Jika Anda melihat market place atau toko pakaian baik online maupun offline, ada beragam jaket yang ditawarkan. Anda pun bingung memilih saking banyaknya model yang ada. Tak perlu bingung, Anda hanya perlu memilih jenis jaket apa yang dibutuhkan.

Jika Anda tinggal di daerah dingin mungkin Anda butuh sweater, akan tetapi jika tinggal di perkotaan jaket bomber atau model hoodie bisa menjadi pilihan. Buat Anda yang suka tampil casual, cocok jika menggunakan jaket berbahan denim.

Ketika memilih jaket, pastikan Anda memilih jaket yang sesuai dengan Anda. Mulai dari ukuran, model, kebutuhan sampai dengan bahan atau material jaket. Kecuali jika Anda akan bepergian ke luar negeri, tentunya akan memilih jaket sesuai dengan musim di negara tersebut.

Anda pasti memiliki lebih dari satu jaket kan? Setiap jaket bisa berbeda model dan digunakan pada saat tertentu. Ada juga jaket yang digunakan sehari-hari. Jadi jangan salah pilih jenis dan bahan jaket ya. Nah, berikut ini tips memilih bahan jaket yang sesuai dengan iklim di Indonesia.

Tips Memilih Jaket yang Sesuai dengan Iklim Indonesia           

  1. Jenis Bahan yang Digunakan

Untuk kamu yang hobi traveling bisa memilih jaket berbahan katun tebal dan kasual. Jaket ini berbahan katun tebal cocok digunakan di berbagai suasana. Jika Anda berada di daerah dataran tinggi bisa menggunakan jaket berbahan wool atau sejenisnya. Jika Anda suka naik gunung atau berkendara roda dua, kamu bisa memilih jaket berbahan parasut yang antiair. Nah, jadi pilih bahan jaket yang sesuai dengan kebutuhan Anda ya.

 

  1. Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Ikut tren boleh-boleh saja. Akan tetapi jangan sampai hasrat ikut tren itu membuat Anda salah pilih model jaket. Pilih jaket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk pemakaian sehari-hari, Anda bisa memilih jenis jaket model kasual bisa jenis track jacket atau jaket denim. Jika Anda mengendarai motor maka bisa memilih jaket khusus bikers atau jaket berbahan parasut tebal. Jaket denim atau hoodie, juga cocok digunakan untuk sehari-hari. Modelnya yang simple dan casual membuat kedua jenis jaket ini banyak digemari dan dipakai oleh orang Indonesia. Anda termasuk?

 

  1. Pilih Sesuai Ukuran Tubuh

Seringkali konsumen memilih jaket karena model dan warnanya saja. Mereka mengabaikan ukuran yang tidak sesuai. Misalnya saja memilih jaket dengan ukuran terlalu besar atau terlalu kecil. Ada juga jaket yang memang desainnya besar. Dikenal dengan sebutan jaket parka, biasanya digunakan untuk mereka yang hobi mendaki gunung, berpetualang, berkendara roda dua, dan lain-lain. Ukuran yang tidak pas membuat tidak nyaman dipakai. Jaket yang ukurannya terlalu besar, bukan membuat semakin ‘hangat’ dipakai justru membuat Anda tidak nyaman beraktivitas.

 

5 Jenis Jaket yang Cocok untuk Iklim di Indonesia

Sebagai panduan, berikut ini adalah jenis jaket yang cocok untuk iklim di Indonesia. Anda bisa pilih mana yang sesuai dengan kriteria dan kebutuhan Anda.

  1. Jaket Bomber

Model jaket bomber sekarang ini banyak digunakan di Indonesia. Modelnya sederhana dengan resleting di bagian tengan, dilengkapi dengan lengan manset karet yang nyaman. Pada bagian pinggang kiri dan kanan juga terdapat manset karet, sehingga nyaman dipakai. Anda bisa memilih jaket bomber berbahan kulit, polyester, katun tebal,nylon, denim, dan lain-lain. Jangan lupa pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Jaket Trucker

Banyak juga yang memilih jaket model trucker. Lazimnya jaket trucker ini berbahan denim. Namun sekarang, jaket trucker ada yang berbahan corduroy, suede, katun tebal, dan lain-lain. Konsumen pun punya banyak pilihan jenis mana yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Jaket Blouson

Sekilas jaket blouson mirip dengan jaket bomber. Ada juga yang menyebut jaket Harrington. Ukurannya fit badan, sepanjang pinggang. Biasanya menggunakan resleting dan ada juga aksen serupa di lengan bagian kanan dan kiri, Pembedanya dengan jaket bomber adalah bahan dan warna yang hanya hitam atau cokelat saja. Jaket Blouson juga menggunakan kerah model klasik sehingga terlihat lebih elegan dan manis.

  1. Hoodie

Model Hoodie bisa dibilang primadona. Jaket dengan tudung kepala ini disukai oleh anak muda sampai orang tua. Modelnya yang casual dan bisa digunakan di segala suasana dan cuaca membuat penggemarnya semakin banyak. Bahan yang digunakan pun beragam. Ada bahan kaos, katun, parasut, dan lain-lain. Nah, Anda bisa memilih jenis bahan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hoodie bisa dibilang salah satu model jaket yang wajib dipunya.

  1. Jaket Parka

Ini juga salah satu jaket yang banyak penggemarnya. Jaket berbahan parasut atau kain tebal ini sangat cocok dipakai mereka yang sering naik motor. Cocok juga dipakai di daerah bersuhu dingin karena modelnya yang besar. Jaket Parka biasanya terlihat kedodoran di pemakainya. Tidak ada aksen karet di bagian bawah. Parka berbahan parasut, cocok digunakan ketika musim hujan. Tentunya jaket parka ini cocok digunakan di Indonesia.

Nah, demikian jenis jaket yang bisa jadi pilihan Anda untuk sehari-hari. Anda bisa membeli beragam jenis jaket di marketplace atau toko online yang menyediakan jaket berkualitas dan harga terjangkau.

Selain lima jenis jaket di atas, tentunya masih ada jenis jaket lain yang bisa jadi pilihan. Lima jaket di atas, bisa dipakai oleh perempuan ataupun laki-laki. Untuk jaket seperti parka, bomber trucker biasanya juga terdapat warna-warna cerah.

Penting juga Anda tahu, pilih jaket yang mudah disimpan jika tidak digunakan. Seringkali jaket ringan, namun memerlukan ruang besar untuk penyimpanannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *